Melalui PSDP Wujudkan Sumber Daya Manusia yang Profesional di Era Digital

Pembinaan Sikap Dasar Profesi STPBI atau yang disebut PSDP merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun di STPBI. PSDP memiliki tujuan untuk menjadikan mahasiswa sebagai insan pariwisata yang professional, memiliki pengetahuan, kebijaksanaan, serta kecerdasan, dan selalu menjadi yang terdepan. Sesuai dengan tujuannya, pada PSDP tahun 2019, tema yang diangkat adalah “Multiculturalism Preservation in Digital Transformation”. Tema ini diangkat berdasarkan fenomena-feomena yang terjadi dewasa ini, yang sangat marak mengenai perbedaan serta perkembangan teknologi digital.

Sebagai calon-calon sumber daya manusia yang professional di bidang pariwisata, sudah pasti harus memahami dan menghargai yang namanya perbedaan dan budaya serta tetap dapat mengikuti perkembangan teknologi. Dengan demikian, teknologi yang pesat saat ini dapat dimanfaatkan dengan baik untuk melestarikan budaya, bukan untuk meninggalkan budaya. Sesuai dengan motto PSDP 2019, “With Technology We Preserve Our Culture”.

Dalam menanamkan tema dan motto PSDP 2019, dilakukan dengan memberikan pelatihan kepemimpinan, membuat tugas-tugas yang berkaitan dengan tema dan motto, serta seminar dari BNN yang membahas mengenai Kenakalan Remaja dan juga PT. BDM yang membahas mengenai peluang kerja industri.

Kegiatan PSDP yang diikuti 1.555 calon mahasiswa ini, dilakukan selama 5 hari dimulai dari gladi pada tanggal 27 Juli 2019, dan PSDP dari tanggal 29 Juli 2019 – 1 Agustus 2019. Bertempat di lapangan KNPI untuk pelatihan kepemimpinan dan di kampus STPBI untuk seminar.

“PSDP merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan untuk membentuk mahasiswa agar lebih disiplin, bertanggung jawab, jujur, dan siap untuk menghadapi era digital saat ini. Pembinaan ini juga didampingi secara langsung oleh Brimob, sehingga tidak ada unsur-unsur kekerasan di dalam setiap kegiatannya.” Ujar Bapak Putu Eka Wirawan, selaku Ketua PSDP STPBI 2019. Setiap PSDP, STPBI memang didampingi pihak Brimob, khususnya dalam pelatihan kepemimpinan yang secara langsung ditangani oleh Brimob.

“Selain kegiatan dilapangan, kami juga memberikan seminar, dimana materi langsung diberikan oleh pihak BNN dan PT. Bali Duta Mandiri. Dengan seminar ini, calon mahasiswa diharapkan memahami mengenai penyalahgunaan NARKOBA dan peluang-peluang kerja di Era MEA saat ini.” Lanjut beliau.

Tentunya, PSDP merupakan kegiatan yang dilakukan untuk membentuk karakter mahasiswa pariwisata agar siap bersaing di industri. Jadi, kegiatan ini bukan merupakan ajang Balas Dendam, ya?

Ayo, bersama-sama sukseskan PSDP STPBI 2019 dengan mewujudkan tujuan dari PSDP itu sendiri.

Selamat untuk kalian yang telah melewati PSDP, ya!! Welcome to STPBI!

See you on top!